Kamis, 01 September 2011

Apakah lebih baik mematikan komputer ketika tidak digunakan atau lebih baik dibiarkan tetap hidup?

Kamu mungkin pernah menanyakan hal ini, tetapi pertanyaan ini adalah salah satu dari beberapa pertanyaan yang tidak mempunyai jawaban yang tepat. Jawaban yang tepat untukmu tergantung dari bagaimana kamu menggunakan komputermu. Ini adalah beberapa gagasan untuk diingat sehingga kamu dapat menentukan cara yang akan kamu gunakan.




Marilah kita mulai dengan 3 situasi yang memaksamu untuk membiarkan komputermu dalam keadaan hidup 24 jam.
  • Ketika kamu berada di sebuah network  atau jaringan dan sedang mem-back up (menggandakan file) atau meng-up grade (memperbaharui) software komputermu pada malam hari. Pada situasi ini kamu harus membiarkan komputermu tetap hidup selama proses itu berjalan.
  • Kamu sedang menggunakan komputermu sebagai server. jika komputermu beroperasi sebagai file server, print server, web server pada LAN, atau internet, kamu harus membiarkan komputermu dalam keadaan tetap hidup.
  • Apabila kamu sedang menoperasikan sesuatu, seperti SETI@home pada komputermu dan kamu ingin menghasilkan hasil set sebanyak mungkin, kamu harus membiarkannya dalam keadaan hidup.
Jika kamu tidak sedang melakukan kegiatan-kegiatan seperti tersebut di atas, sebaiknya matikan komputermu untuk penghematan. Komputer PC (Personal Computer) dan monitor memerlukan kira-kira 330 watt. Anggap saja kamu menggunakan komputermu selama 4 jam setiap hari. Jadi, jika dihidupkan pada 20 jam berikutnya akan membuang energi. Untuk menghitung kilowatt jam , kalikan watt dengan jam pemakaian, kemudian dibagi 1000. Jika listrik berharga 10 sen per kilowatt jam, 20 jam kemudian mewakili 60 sen per hari. Jadi, biaya 60 sen per hari akan mencapai $219 per tahun, jumlah uang yang sangat besar.


Cara lain untuk menghemat adalah dengan menggunakan mesin-mesin modern yang hemat energi sehingga dapat memotong pengeluaranmu sampai setengahnya. Misalnya, monitor dan hard disk yang dapat mati secara otomatis jika tidak digunakan.


Kamu dapat menentukan cara mana yang paling baik bagimu dalam menggunakan komputermu.


Sumber:
www.howstuffworks.com

Tidak ada komentar: